• halaman depan
  • lapangan
  • bengkel

TINDAK LANJUT MoU ANTARA SMK NEGERI 3 SINGARAJA-SWISS FOUNDATION-YAYASAN NAGALOKA-APEI BALI

BIDANG  KETENAGA LISTRIKAN

DI TEMPAT UJI KOMPETENSI (TUK) SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Tgl. 13 s/d 22 Juni 2011

 

Latar Belakang :

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Tenaga Profesional Bidang Kelistrikan,  berawal dari penjajagan sampai dengan terjadi kesepakatan untuk membuat  Perjanjian Kerjasama (MOU)  antara SMK Negeri 3 Singaraja dengan Pihak Swiss Foundation (Hellstern Family) yang dimediasi oleh Yayasan Naga Loka  yang berkedudukan di Denpasar.  

Sampai saat  ini  ada  lima orang Guru dibidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang sudah memiliki Sertifikat Ahli Muda Ketenaga Listrikan  sehingga SMK Negeri 3 Singaraja sudah berhak menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di bidang Kelistrikan, Sertifikasi Tenaga Profesional bidang kelistrikan  pada saat ini melibatkan APEI Bali sebagai Badan Sertifikasi.

Hari ini, senin 13 Juni 2011 dilaksanakan pembukaan diklat yang  sedianya dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Buleleng dan dihadiri oleh :

Backstopper Swiss Foundation (Mrs. Georges Capt.), Konsulat Swiss, APEI, LPJK, KDA, Manajemen SMK Negeri 3 Singaraja dan para peserta diklat.

 

Tujuan Pelaksanaan  Diklat Sertifikasi ini :

  1. Mengembangkan SMK Negeri 3 Singaraja menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK)
  2. Memberikan pengakuan terhadap mutu lulusan SMK Negeri 3 Singaraja melalui sertifikasi kompetensi sesuai kebutuhan lapangan kerja.
  3. Meningkatkan profesionalisme tenaga kerja bidang kelistrikan di Bali dan Kabupaten Buleleng khususnya melalui diklat keterampilan dan sertifikasi.
  4. Menjadi mitra kerja Asosiasi Profesi di Bali dan Kabupaten Buleleng khususnya dalam hal penyiapan tenaga kerja bidang kelistrikan yang tersertifikasi.

 

Sasaran Pelaksanaan Diklat :

  1. Kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 3 Singaraja
  2. Lulusan SMK Negeri 3 Singaraja yang akan bekerja di bidang kelistrikan 
  3. Instansi swasta dan pemerintah yang mempekerjakan teknisi bidang kelistrikan di wilayah Bali
  4. Masyarakat umum (para pencari kerja) yang akan bekerja di bidang kelistrikan
  5. Para tenaga kerja bidang kelistrikan yang sudah bekerja pada Asosiasi maupun DU/DI.
  6. Tenaga Outsourcing yang dipekerjakan pada PT. PLN (Persero)

 

Kegiatan diklat Sertifikasi Profesional di bidang ketenaga listrikan pada tahun ini diikuti oleh 60 peserta yang terbagi menjadi dua periode penyelenggaraan.

Periode I (13 s/d 22 Juni 2011)  diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari tenaga kelistrikan yang tersebar di Bali,  dan  penyelenggaraan periode II akan dilaksanakan pada awal bulan Desember 2011.

 

Singaraja, 13 Juni 2011

SMK Negeri 3 Singaraja

 

ttd

Drs.  I Nyoman Suastika,M.Pd.

Kepala Sekolah

Download File : Launching Diklat Sertifikasi Profesional Tenaga Kelistrikan di TUK SMK Negeri 3 Singaraja

Share Berita :