• halaman depan
  • lapangan
  • bengkel

Bimbingan teknis bagi tenaga pendidik mengenai pencegahan perundungan dan tindak kekerasan dilaksanakan di SMK Negeri 3 Singaraja pada hari Senin, 29 Nopember 2021 berpusat di ruang pertemuan SMKN 3 Singaraja. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring, dengan peserta seluruh tenaga pendidik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Narasumber pada kegiatan ini adalah ibu Luh Eka Yanthi, S.Pd., M.Pd., guru SMK Negeri 3 Singaraja yang sekaligus sebagai Agen Penguatan Karakter, Puspeka Kemdikbud RI.

Materi yang disampaikan diantaranya adalah:

Bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ada enam elemen yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai Profil Pelajar Pancasila yakni: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia; Berkebinekaan Global; Berjiwa Gotong Royong; Mandiri; Bernalar Kritis; dan Bersikap Kreatif.

Disampaikan pula Tiga dosadalam dunia pendidikan adalah: kekerasan seksual, perundungan dan intoleransi.

-Kunci yang bisa menandai suatu tindakan sebagai  bentuk kekerasan adalah adanya paksaan dari satu pihak ke pihak lain. Contoh diantaranya adalah Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

-Ada 4 macam perundungan: perundungan verbal; perundungan sosial atau relasional; perundungan fisik; dan perundungan daring (cyberbullying).

-Intoleransi adalah tindakan atau sikap diskriminatif terhadap kelompok tertentu, dan berusaha menghalangi kelompokyang tidakdisukai untuk mendapatkan hak-hak dasar yang sebenarnya dijamin oleh konstitusi.

 

Perundungan tidak hanya berdampak negatif terhadap korban, tetapi juga terhadap pelaku dan penonton (bystander), berpengaruh terhadap mental, fisik, emosional serta rendahnya prestasi akademik atau penurunan tingkat kehadiran peserta didik di sekolah.

Adalah tugas para tenaga pendidik dan kependidikan untuk memerangi tiga dosa tersebut bersama-sama dengan 30 agen perubahan yang telah terpilih. Semoga ilmu yang telah didapat dari bimtek ini segera diterapkan dan mampu mengakselerasi terbangunnya perilaku positif siswa serta membentuk ekosistim sekolah yang sehat, berbudaya dan nyaman.

 

SALAM AGEN PERUBAHAN !

SALAM PRILAKU POSITIF !

SMK NEGERI 3 SINGARAJA, ANTI PERUNDUNGAN !

SMK BISA, HEBAT !!!    STEMSI JAYA, MANTAP !!!

 


Share Berita :