VISI, MISI, DAN TUJUAN
SMK N 3 Singaraja
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Singaraja, yang ditetapkan sebagai SMK BERPRESTASI dan SMK Pusat Keunggulan oleh pemerintah pusat diharapkan mampu menghasilkan tenaga kerja terampil tingkat menengah untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia di tingkat global. Untuk itu, SMK Negeri 3 Singaraja secara konsisten bertekad melaksanakan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah.
Visi dan Misi Sekolah
Visi :“Menjadi Sekolah Teknologi Unggul Dengan Tamatan Yang Kompeten Dan Berwawasan Global Berlandaskan Tri Hita Karana”
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
Teknologi Unggul: yakni sarana dan prasarana sekolah terbaik dan mengikuti perkembangan teknologi.
Kompeten: Seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, seseorang dalam bidangnya yang diaktualisasikan sesuai standar yang ditetapkan
Berwawasan Global: yakni tamatan memiliki pemahaman dan pengenalan yang luas terhadap berbagai aspek yang terjadi di seluruh dunia yang mencakup tentang berbagai budaya, politik, ekonomi, dan sosial.
Tri Hita Karana: yaitu tiga hubungan yang harmonis meliputi hubungan dengan Tuhan, manusia, dan alam, di segala kegiatan sekolah yang selalu memperhatikan ketiga hubungan tersebut.
Misi :
-
Untuk mencapai visi dan membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, maka SMK Negeri 3
Singaraja menetapkan misi sebagai berikut:
Mengembangkan sumber daya manusia yang unggul berjiwa kewirausahaan.
Menciptakan inovasi teknologi tepat guna.
Menghasilkan tamatan bersertifikat kompetensi yang relevan dengan keahliannya.
Menyelenggarakan pendidikan kurikulum merdeka melalui implementasi link & match
dengan dunia kerja bertaraf nasional dan internasional.
Menerapkan budaya kerja yang berlandaskan profil pelajar Pancasila.
Menciptakan lingkungan yang berwawasan wiyata mandala.
Tujuan Sekolah
Tujuan jangka pendek (1 Tahun)Dapat menyelenggarakan pembelajaran yang merdeka secara blended learning dengan berpihak pada peserta didik.
Dapat mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
Dapat membentuk karakter peserta didik berdasar Profil Pelajar Pancasila melalui pengintegrasian ke dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Dapat melaksanakan morning briefing sebelum memulai pembelajaran.
Dapat menerapkan budaya kerja.
Dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengikuti kegiatan lomba akademik dan non- akademik di tingkat lokal, regional, maupun nasional.
Dapat mengembangkan Kemitraan dengan lembaga Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja.
Dapat melaksanakan Teaching Factory.
Tujuan jangka menengah (3 tahun)
Dapat meningkatkan managemen perencanaan, pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran.
Dapat mengembangkan pembelajaran yang kolaboratif antarmata pelajaran.
Dapat membudayakan peserta didik berkarakter Profil Pelajar Pancasila.
Dapat membudayakan peserta didik memiliki kemampuan enam literasi dasar yang meliputi : literasi membaca dan menulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya, dan literasi finansial.
Dapat membiasakan budaya kerja pada peserta didik dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai program keahliannya.
Dapat melibatkan peserta didik untuk mengikuti lomba akademik dan nonakademik di tingkat lokal, regional, maupun nasional.
Dapat memberdayakan managemen sekolah untuk memperluas jaringan pada lembaga pendidikan tinggi dan dunia kerja.